Mengapa Wanita Menyukai Aroma Ketiak Pria? Ini Alasannya

Ada banyak hal yang bisa kita jadikan alasan mengapa kita menyukai, mengasihi, dan mencintai seseorang hingga akhirnya merasa nyaman saat berdekatan dengan orang tersebut.

Misalnya saja, wanita atau seorang istri yang merasa nyaman dengan aroma keringat suaminya, khususnya aroma pada bagian ketiak. Percaya kah anda ?

Ya, hal ini benar terjadi. Sebab adanya hormon Pheromone yang keluar dari tubuh atau ketiak suami dapat mengaktifkan hormon istri hingga membuatnya merasa tenang dan nyaman. Jadi, apakah hormon Pheromone itu? dan apa fungsinya?

Hormon Pheromone merupakan sejenis senyawa alami yang dihasilkan tubuh yang tidak bisa dideteksi melalui bau-bauan, tetapi bisa dirasakan oleh Veromorosonal Organ (VMO) di dalam hidung atau indera penciuman. Hormon ini dihasilkan oleh jaringan kulit khusus yang terkonsentrasi di dalam lengan, kemudian diterima VMO dan dijangkau bagian otak yang bernama hipotalamus. Sehingga terjadi perubahan hormon yang menghasilkan respon perilaku dan fisiologis.

Senyawa senyawa lainnya juga akan terpengaruh saat hipotalamus menerima sinyal dari panca indera. Antara lain senyawa phenyletilamine (PEA), senyawa dopamine, senyawa nenopinephrine, senyawa endrotin, dan oksitosin.

Adanya senyawa-senyawa tersebut yang bekerja dalam tubuh kita sebagai bentuk respon dari sesuatu yang kita alami akan membuat kita tersipu malu, wajah merah, dan juga merasa nyaman tenang , damai, dan nyaman. Namun, hormon phero ini akan terhambat diproduksi tubuh akibat adanya penggunaan sabun , parfum, dan juga akibat adanya polusi udara.

* Chairunnisa Dhiee, Relawan Kesehatan RS Ibnu Sina, Jakarta.

(inilah.com)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply