Karir Wanita Susah Melejit, Ini Alasannya

Tak sedikit wanita yang mengkhawatirkan keseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan domestik terganggu.

Fakta ini terungkap dalam pemaparan hasil riset terkini dari Accenture Indonesia dan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), di Hotel Le Meridien Jakarta, pada hari Jumat (23/03).

“Mental block menjadi tantangan utama. Berapa banyak yang sebenarnya punya kemampuan dan bisa menjadi lebih tinggi lagi tapi tidak percaya diri,” ungkap Sandi Witomo, General Manager PT Adis Dimension Footwear.

Untuk menutup gap jumlah wanita di posisi pimpinan, sejak empat tahun lalu PT Adis Dimension Footwear membuka program Talent Acceleration sebagai jalur cepat karier. Namun, dari 60% peserta wanita, hanya 21% yang akhirnya lolos dan lanjut ke posisi pimpinan.

President Director PT Indonesia Power, Sripeni Inten Cahyani, pun mengamati gejala jebakan zona nyaman yang sama diantara para karyawan wanita di perusahaan BUMN yang dipimpinnya.

“Halal, nyaman, cukup. Tiga hal ini yang membuat banyak wanita menyasar perusahaan BUMN sebagai tempat mereka bekerja. Begitu berhasil masuk, mereka cepat merasa puas. Bahkan harus dipaksa untuk menjadi pemimpin,” ungkap Sripeni.

Kepemimpinan yang tegas, tindakan komprehensif, dan lingkungan yang memberdayakan pekerja menjadi tiga kategori besar yang mampu mendorong terbangunnya budaya kerja yang berkeadilan gender.

Dalam studi terkininya, Creating A Culture Of Equality, Accenture mengungkap bahwa di Indonesia, penempatan satu wanita di jajaran tinggi kepemimpinan dapat mendorong tingginya jumlah wanita untuk masuk di jalur cepat karier, yaitu 21%.

“Riset kami menunjukkan bahwa perusahaan dengan budaya yang peduli terhadap kemajuan pekerja perempuan juga akan meningkatkan keberhasilan para pekerja laki-laki,” ungkap Neneng Goenadi, Country Managing Director dari Accenture Indonesia.

Riset ini melibatkan 22.000 responden dari 34 negara, dengan 700 di antaranya berasal dari Indonesia (350 responden pria, dan 350 responden wanita).

Sumber: Jitunews

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.