Hasil Studi: Depresi Bisa Turunkan Peluang Wanita untuk Bisa Hamil

Jika Anda saat ini sedang menjalani program kehamilan, sebaiknya hindari segala sesuatu yang bisa memicu stres dan depresi. Sebab hal ini bisa menurunkan peluang Anda untuk bisa hamil.

Demikian disampaikan oleh Yael Nillni, asisten profesor dari Boston University School of Public Health dan Medicine, AS. Menurut studi yang ia lakukan, stres dan depresi yang parah benar adanya dapat menurunkan peluang Anda untuk hamil.

Dalam studi ini, Nillni melakukan analisis data terhadap penelitian sebelumnya yang melibatkan 2.100 wanita yang sedang dalam program kehamilan. Responden ini rata-rata berusia 21-45 tahun. Mereka diminta untuk melaporkan adanya gejala depresi, termasuk penggunaan obat-obatan seperti psikotropika dan lain-lain.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, ditemukan adanya penurunan peluang kehamilan hingga 38 persen pada wanita yang melaporkan adanya gejala depresi berat, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki tanda-tanda tersebut.

“Temuan kami menunjukkan bahwa depresi berat memengaruhi hormonal wanita, sehingga mengganggu program kehamilan bagi yang sedang menjalankannya,” tutur Nillni, seperti dikutip dari Times of India, Jumat (27/5/2016).

Meskipun demikian, Nillni mengakui bahwa untuk menemukan alasan detail di balik mengapa wanita dengan gejala depresi lebih sulit hamil, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Namun ia dan rekan-rekan penelitinya menduga kondisi ini terjadi karena masalah hormonal. Depresi dikaitkan dengan disregulasi fungsi otak, yang berhubungan dengan siklus menstruasi dan peluang seorang wanita untuk hamil.

Studi ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology.

(detik.com)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply